PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (ISDV)


06 September 2017

Kalau Dulu Sudah Cacar Air, Di Kemudian Hari Bisa Kena Cacar Ular

Share:

Apa Itu Cacar Ular?

Cacar ular yang disebabkan virus varicella zoster yang hanya dapat muncul pada orang yang telah terinfeksi virus ini. Pertama kali virus varicella zoster yang menyerang anak-anak  akan menyebabkan cacar air. Sayangnya virus belum tentu hilang sepenuhnya, walau anak dinyatakan sembuh dari cacar air. Sistem kekebalan tubuh yang kurang baik dapat menyebabkan virus ini aktif kembali dan menimbulkan cacar ular. Virus ini bahkan juga bisa mengenai serabut saraf hingga menyebabkan rasa nyeri.

Gejala Cacar Ular

Saat kembali terkena virus varicella zoster ini, si kecil akan mengalami demam dan mungkin sakit kepala. Ia pun mungkin akan merasakan kulitnya seperti kesemutan, perih, terasa seperti ditusuk-tusuk, dan terkadang ada rasa gatal. Nah, di sebagian tubuhnya, muncul ruam kemerahan disertai lepuh berisi cairan seperti sabuk melingkar dan biasanya hanya terdapat di satu sisi bagian tubuh saja. Namun untuk beberapa kasus ada juga yang menjalar hingga ke wajah. Setelah beberapa hari, cairan di dalam lepuh akan menjadi keruh, kemudian bisa pecah sehingga meninggalkan  luka berair.  Luka lecet ini akan mengering dan setelah kira-kira seminggu akan sepenuhnya sembuh.

Penanganan Cacar Ular

Pada dasarnya, cacar ular akan hilang dengan sendirinya setelah 2 hingga 3 minggu. Namun seringkali dokter akan memberikan obat untuk meredakan rasa sakit dan gatal.

  • Pada saat lepuh belum pecah, dianjurkan untuk diberi bedak agar mengurangi gesekan sehingga lepuh tidak mudah pecah.
  • Bila lepuh sudah pecah, biasanya dokter memberikan krim antibiotika.
  • Obat anti sakit dapat membantu mengurangi rasa sakit pada ruam.
  • Dokter mungkin akan memberikan antihistamin agar rasa gatal berkurang. Jadi anak tidak terlalu sering menggaruk kulit yang melepuh.
  • Obat antivirus, seperti acyclovir dan famciclovir, mungkin juga akan diberikan untuk mengurangi tingkat keparahan herpes zoster.
  • Minta anak untuk beristirahat dan makan minum yang cukup.
  • Mandikan si kecil 2 kali sehari. Minta dirinya untuk tidak menggaruk ruam atau kulit yang melepuh.

Jangan khawatir, cacar ular tidak berbahaya. Yang penting segera hubungi dokter bila gejala-gejala di atas terjadi pada si kecil.