PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (ISDV)


11 September 2017

Cara Merawat Kuping Bayi yang Baru Ditindik

Share:

Mendindik kuping bayi, dalam hal ini bayi perempuan yang baru lahir, masih menjadi budaya yang hampir selalu kita temukan di semua daerah di Indonesia. Pada dasarnya praktik ini tidak membahayakan bayi, namun ada penanganan yang harus dilakukan pasca penindikan agar tidak terjadi infeksi.

Cara Membersihkan Area Kuping Bayi yang Ditindik

Sebanyak dua kali sehari, bersihkan sekitar cuping telinga bayi menggunakan cairan pembersih yang direkomendasi oleh ahli medis. Hindari menggunakan alkohol pembersih luka, cairan mengandung hidrogen peroksida atau salep antibakeri karena memiliki bahan yang mungkin saja menghambat sel-sel kulit beregenerasi.

Selama dibersihkan, putar-putar anting yang menusuk cuping telinga bayi agar cairan pembersih ikut masuk ke bagian dalam. Lupakan mengganti anting yang Anda rasa lebih bagus dan lucu, sebelum usia penindikan lewat 6-8 minggu. Jika bayi selesai mandi, pastikan Anda mengeringkan daerah cuping telinga dengan baik dan benar. agar area tersebut tidak lembap sepanjang hari.


Awasi Tanda Infeksi

Perhatikan bila area cuping telinga memerah, bengkak, nyeri atau bahkan sampai keluar nanah, karena ini merupakan tanda awal infeksi. Sebagai penanganan pertama, segera lepaskan anting-anting tersebut, bersihkan dengan alkohol, dan segera hubungi dokter apakah ada obat salep atau penanganan pertama yang bisa dilakukan. Hubungi dokter jika bayi Anda terkena demam atau cuping telinga menjadi sangat merah dan bengkak.

Setelah enam hingga delapan minggu dan lubang tindik sudah sembuh, Anda baru boleh mengganti anting-antingnya dengan yang baru. Pastikan semua anting baru terbuat dari baja bedah atau emas. , setidaknya 14 karat. Anting yang terbuat dari bahan lain, termasuk anting berlapis emas, bisa memicu reaksi alergi.

 

Langkah-Langkah Membersihkan Area Kuping Bayi yang Ditindik

  • Selalu cuci tangan pakai sabun dan air sebelum menyentuh tindikan.
  • Usahakan untuk tidak mengganti anting terlalu cepat. Gantilah setelah 6 - 8 minggu
  • Bersihkan setiap hari, 2 hari sekali, selama 6 minggu menggunakan kapas atau cotton buds yang dibasahi cairan pembersih sesuai anjuran ahli medis.
  • Hindari sering-sering menyentuh area kuping yang ditindik.
  • Hindari memakaikan bayi aksesoris atau perlengkapan yang dapat mudah tersangkut di anting-anting.
  • Segera hubungi dokter jika bekas tindikan menjadi bengkak, memerah, hingga keluar nanah dalam waktu 1-2 hari setelah ditindik.