PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (ISDV)


08 August 2017

Mengapa Remaja Harus Merawat Kulit?

Share:

Di balik sukacita memasuki masa pra-dewasa, para remaja mengalami masalah fisik yang kerap mengganggu rasa percaya diri. Tak perlu khawatir, ini merupakan tanda-tanda perubahan hormonal yang normal di masa pubertas.

Masalah Kulit Remaja

Perubahan pada remaja terjadi akibat meningkatnya produksi hormon dan aktivitas berbagai kelenjar dalam tubuhnya.  Produksi ini berpengaruh pada kulit dan pertumbuhan rambut. Produksi hormon androgen yang berlebihan berpengaruh pada aktivitas kelenjar minyak sehingga produksi sebum meningkat. Kulit remaja tampak lebih berminyak dan cenderung timbul jerawat. Produksi keringat pun bertambah, dan dapat menyebabkan bau badan. Selain ketiak, remaja juga sering mengalami masalah bau kaki akibat penggunaan kaos kaki dan sepatu yang tertutup sehingga kaki panas dan lembap, dan menjadi sasaran empuk untuk bertumbuhnya jamur dan bakteri. Belum lagi masalah ketombe akibat kulit kepala berminyak.

Selain faktor homornal, remaja perempuan khususnya sudah mulai memakai kosmetik demi meningkatkan kepercayaan diri. Nah, penggunaan kosmetik yang  tak sesuai dengan jenis kulit, juga dapat menyebabkan kondisi kulit berminyak menjadi lebih buruk. Akibatnya, timbul komedo yang menyumbat pori-pori, atau jerawat yang meradang dan membengkak, sehingga meninggalkan jaringan parut (scar) yang sulit dihilangkan.

Remaja Perlu Perawatan Kulit

Dengan membaca paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa remaja juga sudah harus merawat kulitnya dengan benar dan tepat.

Untuk mengatasi masalah kulit, ini yang harus dilakukan:

  1. Jaga kebersihan kulit, rambut dan bagian tubuh lain agar tetap sehat.
  2. Sesuaikan penggunaan kosmetik berdasarkan jenis kulit (kulit normal, kulit berminyak, kulit kering, kulit kombinasi), usia (bayi, anak, remaja, dewasa, usia lanjut), dan waktu pemakaian (pagi, siang, malam).
  3. Bersihkan rambut dan kulit kepala secara teratur menggunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut. Pada rambut berminyak, tak perlu menggunakan kondisioner. Gunakan kondisioner bila rambut kering dan rusak.
  4. Untuk menghilangkan bau badan, selain menjaga kebersihan tubuh dengan mandi teratur, semprotkan wewangian dan gunakan deodoran pada ketiak agar tubuh segar dan wangi sepanjang hari.
  5. Untuk mencegah bau kaki, pilih kaos kaki berbahan katun, dan ganti setiap hari. Semprotkan footspray bila diperlukan.

Jangan biarkan rasa percaya diri hilang di masa remaja karena masalah kulit. Tumbuhkan rasa percaya diri dengan mulai merawat kulit. Jika kulit dirawat secara tepat sejak remaja, maka saat dewasa, kulitpun akan jauh lebih sehat, dibanding  kulit yang tidak mendapat perhatian di masa remaja. Ingatlah selalu agar tidak keliru memilih produk kosmetik agar kesehatan kulit senantiasa terjaga.