PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (ISDV)


16 August 2017

Mengapa Wajah Berjerawat Tetap Butuh Pelembap?

Share:

Merawat kulit berjerawat gampang-gampang susah. Banyak anggapan, tak perlu menggunakan pelembap pada kulit berjerawat. Jangan keliru! Anda tetap membutuhkan pelembap meski kulit Anda berjerawat. Ini alasannya.

Jerawat timbul akibat produksi minyak berlebih pada wajah dan terjadi penyumbatan saluran pada pori-pori. Ini membuat kulit wajah terasa lengket dan berminyak. Kertas minyak dan tisu menjadi andalan Anda agar wajah tak tampak mengilap. Dan menggunakan pelembap adalah hal terakhir yang ingin Anda lakukan.

Wajah berjerawat perlu pelembap

Anda perlu tahu, seperti halnya jenis kulit normal dan kering, kulit berjerawat pun perlu pelembap. Apalagi, bila Anda tinggal di negara tropis dengan cuaca cukup panas, dan bekerja di ruangan ber-AC. Jika tak diberi pelembap, lapisan dalam kulit bisa mengalami dehidrasi. Akibatnya, lapisan luar kulit semakin berminyak, namun kulit tampak kusam.

Di samping itu, kandungan dalam produk-produk perawatan kulit berjerawat seperti benzoil peroxida, asam salisilat dan lainnya, umumnya membuat kulit lebih kering, bahkan dapat menyebabkan iritasi. Oleh karena itu, pelembap diperlukan untuk mengatasi hal tersebut.

Pilih pelembap yang tepat

Untuk kulit berjerawat, pilihlah pelembap yang banyak mengandung air, bebas minyak, non-komedogenik. Biasanya pelembap ini berbentuk gel atau lotion. Hindari pelembap bertekstur pekat dan produk perawatan wajah yang mengandung alkohol, karena dua jenis produk perawatan ini membuat kulit Anda lebih berminyak.

Kapan sebaiknya menggunakan pelembap?

Waktu yang paling tepat menggunakan pelembap adalah setiap pagi hari setelah mencuci muka. Sesaat setelah wajah Anda dibersihkan, pori-pori terbuka. Ini adalah saat yang tepat mengaplikasikan pelembab ke wajah, sehingga kandungan air dapat terserap lebih banyak ke dalam kulit. Kulit Anda pun akan terasa segar dan kenyal.

Studi menunjukkan, penggunaan pelembap dengan kadar air tinggi dan bebas minyak dapat memperbaiki kondisi kulit dan membantu mengatasi jerawat bila digunakan secara teratur selama 4-8 minggu.

Jadi, tak perlu ragu lagi untuk menggunakan pelembap wajah bila berjerawat. Selain pilih produk pelembap yang tepat, jaga selalu kelembapan kulit dari dalam, dengan mengonsumsi buah-buahan dan minum air putih minimal 1,5 liter setiap hari.