PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (ISDV)


25 August 2017

Kok, Bidurannya Hanya Saat Cuaca Dingin?

Share:

Biduran, atau dalam bahasa medis disebut juga dengan urtikaria merupakan reaksi pada bagian kulit berupa bentol yang di sekelilingnya terdapat kemerahan. Biduran biasanya berbentuk seperti pulau-pulau kecil di atas kulit dan terasa sangat gatal. Bila digaruk, maka bentol bisa menyebar ke bagian kulit lain.

Urtikaria bisa disebut akut bila terjadi kurang dari 6 minggu, sementara akan disebut kronik jika berlangsung lama lebih dari 6 minggu. Salah satu penyebab urtikaria adalah alergi. Jika dalam keluarga Anda memiliki riwayat alergi, maka tak perlu heran jika Anda terkena urtikaria. Berikut beberapa penyebab urtikaria atau biduran.

  • Makanan penyebab alergi biasanya terdiri dari  susu serta olahannya, kacang, makanan laut, ikan, dan lain-lain.
  • Melakukan kontak dengan bahan-bahan penyebab alergi seperti kulit binatang, bahan kimia, atau bisa jadi disebabkan oleh latex.
  • Gigitan binatang juga bisa menyebabkan urtikaria.
  • Infeksi saluran pernapasan dan infeksi streptococcal dapat menjadi penyebab biduran. Pada anak-anak  urtikaria disebabkan oleh penyakit yang disebabkan oleh virus di udara.
  • Udara yang terlalu panas, lembap, atau dingin, juga merupakan faktor penyebab urtikaria.
  • Dari penjelasan di atas, pada dasarnya tidak hanya udara dingin saja yang menyebabkan urtikaria. Bila biduran hanya muncul di cuaca tertentu, misalnya saja hanya muncul di malam hari, itu artinya memang Anda alergi terhadap suhu cuaca tersebut. Namun begitu, penting untuk Anda perhatikan, pada saat biduran muncul bisa jadi ada penyebab lain. Teliti makanan yang Anda konsumsi, bahan kimia (seperti sabun) yang digunakan, atau bahkan lingkungan aktivitas Anda sebelum biduran itu muncul.

Agar biduran Anda tak menyebar, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat urtikaria muncul di tubuh Anda.

  1. Usahakan untuk tidak menggaruk area kulit yang biduran.
  2. Kenakan pakaian yang ringan, berbahan adem, dan sedikit lebih longgar.
  3. Usahakan menggunakan sabun mandi yang mengandung banyak pelembap. Cari sabun khusus untuk kulit sensitif.
  4. Jika urtikaria berlangsung kronik, Anda harus segera ke dokter kulit untuk memastikan penyebabnya. Anda kemungkinan akan diminta melakukan tes alergi oleh dokter demi memastikan alergen dari biduran yang Anda alami.
  5. Waspada bila urtikaria membuat mata atau bibir bengkak, sesak napas, denyut jantung berdetak cepat, perlu penanganan segera di rumah sakit.