PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (ISDV)


30 August 2017

Ketombe Timbul Bukan Karena Malas Keramas. Ini Sebabnya!

Share:

Sungguh malu rasanya bila ketombe jelas terlihat mengotori kepala. Belum lagi yang berjatuhan hingga ke pundak. Mau pakai baju gelap jadi tidak percaya diri. Sudah berbagai cara dilakukan, seperti rajin keramas, tapi ketombe masih tetap muncul. Harus bagaimana, ya?

Bukan Karena Malas Keramas

Penting Anda ketahui, ketombe muncul bukan karena Anda malas keramas, walaupun jarang keramas  memperparah kondisi ketombe, tapi ketombe muncul karena tubuh secara teratur merontokkan sel kulit mati, ketika sel kulit baru terbentuk. Potongan kecil kulit kering (mati) akan mengelupas dari kulit kepala. Pada kondisi normal, pengelupasan ini tidak akan nampak.  Namun pada kondisi dimana kelenjar minyak di kulit kepala berproduksi berlebihan, maka dapat menyebabkan berkembangbiaknya kuman yang kemudian berakibat munculnya peradangan di kulit kepala.  Kondisi ini akan menyebabkan rasa gatal dan timbulnya pengelupasan kulit yang berlebih. Itulah yang disebut ketombe. Penyebab pasti kemunculan ketombe ini masih dalam penelitian, namun salah satu kemungkinan yang paling sering ditemukan adalah dermatitis seboroik, sebuah kondisi saat kelenjar minyak dan folikel rambut memproduksi minyak berlebihan.

Cara Benar Mengatasi Ketombe

Untuk mengendalikan kemunculan ketombe ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

  • Gunakan shampo anti ketombe dan ikuti petunjuknya karena setiap shampo tersebut memiliki kandungan yang berbeda. Pada umumnya perlu didiamkan beberapa menit setelah digunakan sebelum dibilas.
  • Untuk Anda yang orang Asia, Anda bisa keramas secara rutin dengan shampo biasa. Namun selingi dengan shampo anti ketombe 2 kali seminggu.
  • Hati-hati bila menggunakan shampo dengan kandungan tar karena berpotensi membuat kulit kepala lebih peka terhadap sinar matahari. Jika Anda menggunakan sampo anti ketombe jenis ini, penting untuk melindungi kulit kepala dari sinar matahari dengan mengenakan topi saat berada di luar ruangan.

Ketombe yang Perlu Penanganan Dokter

Pada umumnya ketombe tidak memerlukan perawatan medis khusus. Namun bila pengelupasan kulit kepala berlebihan dan menimbulkan rasa gatal yang sangat mengganggu dan tidak nyaman, Anda harus segera menghubungi dokter kulit karena bisa jadi kondisi tersebut disebabkan oleh dermatitis seboroik, psoriasis, hingga infeksi jamur.